Senin, 16 Juni 2014

Ekonomi pasar idea jokowi.

Ekonomi pasar idea jokowi.


Hai tadi malam seruu banget ,tapi jokowi boleh bangga akhirnya  mas prabowo rangkul anda golnya satu nol gara gara peranan industri creative pointnya pk joko wi. Berdasarkn hasil monotoring saya, yur presentation was prima, tapi next time jangan kartunya ditunjukan lagi, tapi sekilas programnya  oral di ulas  sebagai reminder. Memang benar program pk joko was great,but kalau anda kembali tunjukan kartu it will be Kami sangat  boring. Dan satu hal yang sangat convinsing anda jarang menggunakan kata akan ,tapi kata sudah , its very good. Memang ada yang menilai bahwa joko wi lebih implemented because yu have done it, sedang mas kakung prabowo baru akan dan program itu bisa yes or bisa no tergantung sikon, apalagi by knowing tipycal character org indo huuh banyak tokoh-tokoh konseptor, but implementasi nil besar. Mengenai toll laut its very good tapi harus diberikan  a very short breakdown pls do elaborate abit how yur team will run it, by using getek or kura kura, atau kapal bertonase brapa besar or kecil, Seaport mana saja yang harus dibangun? Pk joko wi my sugestion is,karena Indonesia is the biggest arachipelago in the world, so why yur team can do their home work now. How to create a cruise line together with cargoshipliner that will be a very great chance to promote Indonesia as maritime destination. As yur team can manage it, the multiply effect will be a very great chance because pembangunan daerah tertinggal di kawasan timur indonesia akan mendapat dampaknya sekaligus. Mengapa demikian ? A tipycal characteristic dari cruise arrangement the passengers hanya turun sebentar ikut tour kemudian naik lagi kekapal .kesempatan ini akan di pergunakan rakyat setempat untuk  menjual produk creative yg pk joko kemukakan misnya,,  produck tarian, jual makanan kecil  Melihat kembali pada idea toll laut dan program pemerintah saat ini yang akan menjadikan Indonesia sebagai pusat maritime dunia akan sangat potential dan sesuai dengan letak geographis  Indonesia  yang merupakan the biggest Archipelago in the world,yang terletak diantara 2 samudera ( Hindia dan Pacific ).

Rencana pembangunan toll laut yang akan dilaksanakan oleh pemerintahan joko wi jk, sebaiknya direncanakan secara integrated dan comperhensip dan terpadu ,antara lain pembangunan pelabuhan dari toll laut harus didesign secara tepat dan terpadu, dimana capasitas dari  pelabuhan tersebut kiranya harus bisa mengakomodate carcoshipe dan cruiseship, sehingga pada waktu implementasi langsung dilapangan tidak terjadi tumpang tindih. Mengenai lokasi dalamnya laut, kapasitas area ,bongkar muat,gudang ,capasitas jalur turunnya cruise passenges ,parking launch dari bus,privatecar dll harus secara cermat di tata, gudang cargo dll. Selain hal tersebut sarana ,prasarana,infrastructure didaerah tersebut harus didesign secara integreted. Menurut hemat kami dalam rangka rencana toll laut yang akan dilaksanakan sebaiknya dapat dimanfaatkan cruise dan cargo ship  menjadi satu untuk menghemat biaya, tetapi jangan dilupakan apabila pelabuhan ini telah direaliser tak dapat diragukan lagi bahwa, International cruiseliner akan memanfaatkan fasilitas fasilitas tersebut, dengan demikian kegiatan ekonomi pada daerah tersebut akan bangkit dan bergerak. Pergerakan ekonomi yang akan bangkit tentunya akan timbul unit unit usaha kecil, antara lain kegiatan restauran, café café rental truck, car, bus dan lain-lain.  Pusat kerajinan dan timbulnya kegiatan desa wisata yang akan merupakan daerah tujuan wisata yang bisa dicreate secara langsung ,tentunya untuk melengkapi hal hal tersebut diperlukan partisipasi masyarakat setempat antara lain, pemuda/i dapat menjadi pemandu local, menjadi kelompok vocal group, membuka warung, menyewa ojek dll, sehingga akan menekan
arus urbanisasi dari daerah ke perkotaan. Sekilas mengenai desa wisata hal ini akan sangat memudahkan penduduk desa setempat berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan ini a.l
dapat membuka rumah nya untuk disewa dengan kondisi room and breakfast only (home stay),dimana para ibu rumah tangga mendapat penghasilan tambahan untuk menambah uang belanja tambahan dll. Tentunya hal ini perlu di sufervisi oleh beberapa instansi atau assosiasi terkait. Sebagai contoh beberapa desa wisata yang cukup berhasil antara lain desa wisata Panglipuran,(di Bali), desa wisata Kedung Rejo ( di Jogyakarta)dll. Program-program semacam ini yang perlu mendapat perhatian pemerintah saat ini.
Dengan demikian motto Jokowi JK, kerja kerja dan kerja dapat direalisir secepat mungkin.


Pembangunan Desa Wisata.

Pembangun desa wisata suatu programme yang harus dirancang secara terpadu chususnya dalam rangka mendukung programme pemerintah guna merealisasikan programme Joko.wi - Jk mengenai
Toll laut,sehingga kegiatan tersebut dapat terialiser dengan baik dan benar benar programe joko wi Jk
dapat di implementasikan secarah utuh dimana sasaran menjadikan Indonesia menjadi fukos maritim
dunia bisa terwujud dan mencapai sasaran yang dituju.
Pembangunan suatu desa atau kampung mungkin pemda,ataupun pemerintah pusat telah mempunyai
consep atau blew print yang jelas,tetapi untuk membangun suatu desa wisata yng baik dan tertata dg baik dan terintergrated secara baik dan dapat memenuhi unsur desa wisata mungkin konsep dan
kriterianya harus jelas, dan  dapat mengakomodate semua unsur termasuk didalam unsur wisata, terle
bih guna mendukung recana toll laut yang di canangkan oleh Joko wi - Jk ,sehingga  dalam merancang desa wisata tersebut  harus dapat memenuhi beberapa  kriteria utama antara lain, disini
kami hanya secara garisbesar ingin memberikan beberapa point, jarak antara desa wisata dengan seaport ( pelabuhan toll laut ) tidak terlalu jauh, antara 2 atau 3 jam  mengingat para tourist adalahpara wisatawan asing maupun domestik dan  lain lainnya. dengan demikian tingkah laku serta pola kehidupan penduduk setempat
dapat dimungkinkan untuk di pertunjukan kepada para wisatan asing atau wisatawan domestic.
Pengaturan jl desa yang rapih, pembagian desa yang jelas sarana dan prasarana mck pada rumah rumah penduduk desa wisata tersebut harus rapih dan bersih,hal ini sangat dimungkinkan guna
membuka home stay dan lain lainnya dikemudian hari.
 Tantangan dan rintangan tentu nya ada, tetapi dengan adanya toll laut yang akan dibangun merupakan suatu start awal yang
harus dikerjakan dengan demikian seperti pepata mengatakn  sekali menyelam dua tiga pulau terlampau, apapun program toll laut  yang dibuat nanti diperlukan suatu pergerakan ekonomi yang
nyata tanpa mendrive suatu kegiatan ekonomi area seaport itu akan menjadi dry dan kering  sehingga tdak membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi yg nyata bagi masyarakat secara
menyeluruh .Untuk mendukung program tersebut diperlukan partisipasi semua pihak terkait  antara
lain pihak stike holder,pemda, pusat dan ll nya harus berpacu hand and hand guna mencapai sasaran
yang dituju. Tentu sebagai desa wisata yng letaknya tidak berjauhan dg laut,diharapkan sangat peranan dari kementrian perikanan dan kelautan guna membantu mengembangkan desa nelayan
disekitar daerah tersebut. Agar dapat membawa suatu multifly effect bagi para penduduk pesisir
disekitar toll laut tersebut..
Kegiatan kegiatan seperti ini diperlukan suatu partisipasi aktif dari semua pihak guna mengumpulkan
sebuah energy, untuk mempercepat pemberantasan  kemiskinan didaerah kawasan Indonesia lainnya
di luar p.jawa.Dalam rangka merealisasikan kegiatan ini ,kiranya dapat meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia serta mendorong tumbuh kembangnya kegiatan ekonomi dengan melibatkan masyarakat setempat. Dari sisi unsur pengenalan ,serta sosialisasi masyarakat Indonesia antar suku akan mempunyai dampak positif dimana percepatan pembauran antar suku di Indonesia akan lebih
cepat terjalin dan pembauran secara damai akan berlangsung secara damai dan dengan jalan demikian
proses menuju kesatuan NKRI akan lebih bergairah dikalangan akar rumput dari Aceh sampai ke Marauke.
Secara sepintas kami melihat dan mendengar bahwa toll laut yang akan dibangun mengikuti beberapelabuhan yang sudah exist antara lain mis North sumatra( Medan  )  West java ( Tg priok )
Central java ( Semarang ) East java ( Surabaya )  South celebes ( Makassar ) Papua ( Sorong) dst,
kalau yang mau dijadikan seaport seaport ini sebagai toll laut,menurut hemat kami diperlukan suatu
studi yang konperhenship agar pada pelabuhan  pelabuhan tersebut  dapat dicreate suatu desa wisata
agar benar benar pada seaport seaport tersebut bukan saja sebagai pelabuhan  cargo ,tapi juga dapat
dipergunakan sebagai pelabuhan transit untuk cruise .  

Mendengar  dan membaca  bahwa joko w akan membangun beberapa pelabuhan cruise dikawasan
Indonesia Timur ,antra lain Samulaki,Ambon, Tanjung Pandan,Belitung,Tarakan,Kupang, ,dan Labuhan Bajo.di NTT.Menurut hemat kami ini suatu pemikiran advance yang patut di banggakan
karena merupakan suatu akses dan terobosan baru dalam rangka pengembangan cruise  destinasi di
di Indonesiadampak lain yang akan mendorong multiplai efect  bagi daerah daerah tersebut antara
lain membuka lapangan pekerjaan baru bagi penduduk disekitar daerah daerah tersebut ,terjadinya
suatu pergerakan dan pertumbuhan ekonomi pada daerah tersebut,antara lain ,menciptakan lapangan
pekerjaan bagi pemuda/i setempat,menjadi lcal guide, mendrikan vocal group, membuka kios minuman, menyediakan sarana transport local untuk short sightseeing tour,kelompok ,tari traditional
guna menyambut para tourist yang tiba pada detination destination tersebut, hal ini sangat diperlukan                                  
guna menggerakan perekonomian daerah setempat perlu dipikirkan peningkatan perekonomian daerah setempat guna memperdayakan masjarakat setempat dalam rangka memperdayakan kegiatan
perekonomian pada daerah destinasi  yang ada  pada setiap pelabuhan toll laut tersebut.Pengunaan Kapal kapal Cargo harus dipikirkan juga bagaimana mendesign kapal tersebut agar dapat dimanfaat
oleh passengers /cruise passengers yang akan melipat gandakn  atau mengoptimalisakan  route route
terbut guna , memberikan stimulasi pada penduduk disekitar  daerah toll road , dimana didaerah tersebut  kiranya dapat dibuat activitas oleh penduduk  guna menggerakan roda ekonomi ,sehingga
pergerakan roda ekonomi dapat memberikan rangsangan   kepada penduduk setempat guna terlibat
didalam kegiatan ekonomi dalam memberikan jasa pelajanan kepada para passengers yang dating
mengikuti pelayaran toll road tersebut,disamping  pergerakan















Tidak ada komentar:

Posting Komentar